Disiram Hujan Abu dan Pasir, Internet di Kota Jogja Masih On

Abu dan pasir hasil letusan Gunung Merapi sudah menjamah hingga kota Jogjakarta. Beruntung, layanan internet di kota pelajar ini masih bisa dioperasikan.

Gana Arditya, Kabid Humas Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Korwil Daerah Istimewa Jogjakarta mengatakan, hujan debu dan pasir yang menyiram kota Jogja sejak kemarin itu tidak merusak infrastruktur yang dimiliki para penyelenggara jasa internet.
Hanya saja, di beberapa wilayah utara Jogja yang merupakan wilayah yang dekat dengan kawasan Gunung Merapi, layanan internetnya mesti dipadamkan. Pasalnya, tidak ada pasokan listrik dari PLN, seperti Sleman dan Magelang.
"Otomatis ISP yang beroperasi di wilayah itu juga tidak bisa beroperasi. Mau pakai akses wireless pun tidak ada daya listrik," tukas Gana kepada detikINET, Jumat (5/11/2010).
"Setahu saya, di beberapa tempat, pihak PLN sengaja mematikan perangkatnya biar tidak terjadi konsleting. Namun ada juga wilayah yang terpaksa listriknya padam karena perangkat PLN rusak kena imbas letusan gunung Merapi," lanjutnya.

Detik.com

0 comments:

Post a Comment